Friday, April 27, 2012

Web Clustering

Apa itu web clustering?? 
Dari asal kata clustering yang berarti “pengelompokan”, kita bisa menyimpulkan secara sederhana bahwa web clustering adalah suatu pengelompokan web. Akan tetapi, lebih jelasnya Web clustering adalah sekelompok sistem komputer dan perangkat lunak server web yang menyediakan mekanisme pengiriman halaman web pada sebuah perusahaan baik untuk penggunaan internal (intranet) dan / atau untuk Internet publik. Tentunya sudah dikelompokan terlebih dahulu menurut kategori tertentu, sehingga pengelompokan web tersebut mempermudah user untuk menemukan dokumen pada web yang diinginkan. Pengelompokan ini menggunakan Algoritma Semantic Hierarchical Online Clustering (SHOC) yang merupakan salah satu algoritma clustering yang mengelompokkan dokumen web hasil pencarian ke dalam cluster tertentu berdasarkan frase-frase kunci yang terdapat dalam dokumen tersebut. 

Salah satu software yang mengimplementasikan teknik web clustering ini adalah Carrot2. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihanya bahkan bisa men-download-nya di http://project.carrot2.org/. Carrot2merupakan mesin clustering yang bersifat open source yang berarti bebas untuk dikembangkan maupun disebarluaskan.

Ini adalah tampilan dari Carrot2:



Carrot2 dapat mengambil hasil pencarian yang kita inginkan dai Google Search API, Bing Search API, Lucene Index, Open Search dan lain sebagainya. Carrot2 juga bisa dipakai sebagai pengaya di dalam browser Mozilla Firefox, sehingga kita dimudahkan untuk menggunakannya .



Kelebihan Carrot2 :
  1. Carrot2 dapat mengambil dan dokumen cluster dari sejumlah sumber, termasuk mesinpencari utama(Lucene, Solr, Google Desktop) serta generikfeed XML dan file. 
  2. Carrot2 memungkinkan memodifikasi atribut algoritma clustering dan mengamati hasilsecara real time. 
  3. Carrot2 dapat menjalankan kinerja clustering secara sederhana 
  4. Carrot2 memiliki visualisasi yang menarik 

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai web clustering, semoga apa yang saya bahas ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

0 komentar:

Post a Comment