Thursday, March 29, 2012

Win Web Crawler


Web crawler adalah program yang secara otomatis memproses halaman web, sering juga disebut dengan web spider atau web robot. Cara kerja hampir sama seperti kita ketika surfing di internet, bermula dari suatu web, program ini mendownload data kemudian membuka halaman web berikutnya dari Hyperlink yang ditemui.

Cara kerja :
1.       Mengidentifikasikan Hyperlink.
Hyperlink yang ditemui pada konten akan ditambahkan pada daftar visit

2.       Melakukan proses visit secara rekursif.
Dari setiap hyperlink, Web crawler akan menjelajahinya dan melakukan proses berulang, dengan ketentuan   yang disesuaikan dengan keperluan aplikasi.


Kebetulan sekali saya mendapatkan tugas yang didalamnya harus menggunakan software web crawler. Untuk itu saya mencari-cari software web crawler yang akan saya gunakan. Akhirnya saya menemukan Software WWC (Win Web Crawler). Saya sendiri masih bisa dibilang sedikit awam dengan software ini, tetapi saya akan mencoba mereview sedikit tentang Win Web Crawling.



Untuk menggunakan software ini, kita harus membuat session baru dengan mengklik tombol yang ada pada interface program tersebut. Dari situ kita bisa memilih sumber apa yang akan kita gunakan entah itu Search engine, website maupun url. Kemudian setelah itu kita masukan keyword apa yang akan kita cari untuk kerperluan data tugas kita. Lalu klik Ok, maka win web crawler secara otomatis akan mencari sendiri data yang kita inginkan


Alasan saya memakai software ini untuk mengerjakan tugas saya karena software ini cukup simpel untuk digunakan, kemudian dengan  sini, pemrosesan data terasa cepat. Satu hal lagi mengapa saya menggunakan software ini, yaitu mudah didapatkan ketika kita surfing di internet.

Kelebihan 
  • Ukuran file kecil, sehingga memudahkan penginstalan software
  • User interface yang simpel sehingga mudah digunakan

Kekurangan
  • software bersifat trial selama 15 hari
  • pemrosesan data lambat


1 komentar:

Yesaya said...

ok, terimakasih sudah mengingatkan. Saya sudah menambahkannya.. :)

Post a Comment