Monday, May 23, 2011

Manusia dan Tanggung Jawab.

Pada dasarnnya, setiap manusia di dalam kehidupan ini pasti memiliki haknya. Salah satunya adalah kebebasan. Akan tetapi, karena manusia itu hidup di dalam suatu masayarakat, maka kebebasan yang mereka miliki tidak sembarang kebebasan yang bisa dilakukan seenaknya. Oleh karena itu, ada istilah yang disebut kebebasan yang bertanggung jawab.

Kita pelajari terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tanggung jawab.
Tanggungjawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Artinya bahwa setiap aktivitas yang dilakukan manusia, termasuk kebebasan, harus dilandasi dengan tanggung jawab agar tidak mengganggu aktivitas orang lain pula, karena manusia hidup bukan seorang diri, melainkan hidup bermasyarakat.

Tanggung jawab sangat penting dalam kehidupan kita. Untuk memperoleh keasadaran akan tanggung jawab yang kita miliki, perlu ditembuh dengan pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa terhadap Tuhan.
Contoh tanggung jawab :
  1. Tanggungjawab terhadap diri sendiri
  2. Tanggungjawab terhadap Keluarga
  3. Tanggungjawab terhadap masyarakat
  4. Tanggungjawab terhadap bangsa / negara
  5. Tanggungjawab terhadap Tuhan

Selain dari contoh di atas, ada pula wujud dari realisasi dari tanggung jawab, yaitu pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat atau tenaga sebagai wujud dari kesetiaan, kasih sayang dan norma yang dilakukan dengan ikhlas. Contoh dari pengabdian misalnya penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan yang merupakan pengabdian terhadap sang pencipta.
Sedangkan Pengorbanan adalah pemberian untuk menyatakan kebaktian. Suatu pengorbanan yang bersifat kebaktian, akan mengandung keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.

Itulah aspek-aspek Manusia & tanggungjawabnya di dalam berkehidupan. Walaupun diberi kebebasan, bukan berarti kebebasan tersebut tak ada batasnya, melainkan kebebasan yang bertanggung jawablah yang diperlukan di dalam kehidupan yag bermasyarakat.

0 komentar:

Post a Comment